home Others 6 Ide Pekerjaan Freelance Populer untuk Karyawan Kantoran

6 Ide Pekerjaan Freelance Populer untuk Karyawan Kantoran

Pekerjaan sampingan memang menjadi salah satu solusi terbaik yang sering dipilih karyawan kantoran untuk tambah-tambah penghasilan. Sebagian mungkin butuh penghasilan tambahan sebab kebutuhan hidup makin banyak, perlu untuk tambahan bayar cicilan KTA tanpa kartu kredit, sedangkan sebagian lagi mungkin mau tambah aktivitas atau cari pengalaman baru.

Kalo kamu, termasuk yang mana, nih?

Selain fleksibel dalam hal waktu kerja, kerjaan sampingan atau freelance bisa dilakukan di mana saja dan punya kisaran gaji yang lumayan. Sekarang ini, nggak susah untuk cari kerjaan freelance. Tinggal googling, kemudian beberapa situs khusus lowongan kerjaan freelance akan muncul, mulai dari yang internasional hingga yang lokal.

Bagi kamu karyawan kantoran dengan waktu kerja 5 hari seminggu dan durasi 9 jam per hari, 6 ide kerjaan sampingan ini cukup fleksibel untuk kamu jalankan di hari libur atau malam hari.

  1. Penulis Artikel

Di era apa-apa serba online kayak sekarang, untuk cari informasi apa pun, udah gampang banget. Baca berita, tinggal akses situs berita online. Mau cari info destinasi wisata? tinggal buka google, ketik kata kunci informasi yang mau dicari, dan voila….ratusan informasi udah langsung tersedia.

Nah, di balik artikel atau informasi bagus yang kamu baca, pasti ada penulisnya. Di sinilah peluang menjadi penulis artikel lepas terbuka lebar. Banyak situs-situs informasi atau berita yang butuh penulis artikel lepas supaya bisa memenuhi kuota artikel harian yang terbit di situs tersebut.

Biasanya, fee penulis artikel ditentukan berdasarkan jumlah kata yang ditulis dan tingkat kesulitan tema artikel. Fee antara lain berkisar mulai Rp 70 ribu per 300 kata sampai Rp 300 ribu per artikel.  Fee ini sifatnya fleksibel, bisa berubah-ubah tergantung kesepakatan kamu dengan klien.

Kalo kamu punya bakat nulis, kerja sampingan jadi penulis lepas bisa jadi alternatif terbaik untuk tambah-tambah penghasilan. Kamu bisa mulai nulis setelah jam kerja, malam hari, atau pas weekend. Nggak menyita waktu terlalu banyak, nggak perlu datang ke kantor, kalo kerjaan udah kelar, tinggal kirim email deh ke klien.

  1. Guru Les Privat

Biasanya, jelang waktu ujian akhir atau ujian nasional, banyak orang tua yang berlomba-lomba mencarikan guru les untuk anak-anaknya. Kalo kamu punya bakat mengajar dan keahlian lebih di bidang pelajaran tertentu, misalnya bahasa Inggris, matematika, fisika, dan yang lainnya, nggak ada salahnya daftar jadi guru les privat. Selain feenya lumayan, jam kerjanya juga fleksibel. Sekarang ini, nggak susah untuk mencari pekerjaan sebagai guru les privat. Kamu bisa daftar langsung ke lembaga bimbingan belajar tertentu atau daftar melalui berbagai situs pencari guru privat.

  1. Editor & Proofreader

Suka risih liat typo atau kalimat yang nggak ada kata kerja atau subjeknya? Kamu bisa coba kerjaan sampingan sebagai editor atau proofreader. Pada dasarnya, profesi editor bahasa dan proofreader diperlukan di semua bidang yang berkaitan dengan konten tulisan, mulai dari yang berbasis online sampai yang offline seperti percetakan atau penerbitan buku.

Sebagai editor bahasa dan proofreader, kamu bertanggung jawab melakukan pengeditan tata bahasa dan screening naskah atau tulisan dari awal hingga akhir agar nggak ada kesalahan sebelum diunggah atau naik cetak. Meski jam kerjanya fleksibel, tapi butuh ketelitian khusus dan pengetahuan bahasa yang baik untuk dua profesi ini.

  1. Desainer Grafis

Peluang kerja sampingan desainer grafis bisa dibilang cukup tinggi di tengah maraknya model pemasaran digital dan online seperti sekarang. Mulai dari banner marketing, infografis, newsletter, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain butuh skill khusus, kerjaan sampingan yang satu ini juga pastinya butuh laptop berkualifikasi khusus yang beda dari laptop biasanya. Mulai dari kapasitas memori, RAM, jenis prosesor dan GPU, hingga jenis layar. Sebab, ada beberapa aplikasi atau software untuk desain grafis yang perlu diinstal di laptop.

Biasanya, orang-orang yang bergelut di dunia desain grafis udah punya laptop pribadi yang bisa menunjang pekerjaan sekaligus hobinya dalam desain. Laptop jenis ini biasanya punya harga yang cukup mahal, misalnya MacBook. Kalo laptopmu sekarang masih kurang canggih atau mulai menurun kinerjanya, nggak usah khawatir. Nggak cuma hp kok sekarang yang bisa dibeli pakai KTA tanpa kartu kredit, laptop juga bisa.

Yang saya tau, sekarang ada dua jenis pinjaman KTA tanpa kartu kredit, yang tunai dan nontunai. Kalo tunai misalnya yang disediakan bank, biasanya buat kebutuhan urgent misalnya biaya sekolah, biaya nikah, biaya usaha. Yang tunai ini juga biasanya perlu survey dan segala macemnya. Sementara, yang nontunai, ada juga yang berbentuk plafon kredit khusus untuk belanja aneka barang di merchant online dan offline, termasuk laptop. Salah satunya Kredivo. Nah kalo yang ini, nggak pake survey dan juga nggak pakai dp. Kamu bisa klik di sini untuk informasi lainnya soal Kredivo.

  1. Fotografer & Videografer

Maraknya pengunaan media sosial yang kontennya berbasis foto dan video kayak Instagram dan Youtube, bisa kamu manfaatkan untuk kerja sampingan jadi fotografer dan videografer. Sama dengan desainer grafis, kerjaan ini juga pastinya butuh skill dan perangkat khusus juga.

Nggak cuma untuk konten promosi atau iklan, sekarang, orang juga lebih condong mengabadikan setiap momen penting dalam hidupnya lewat media sosial atau album digital, misalnya wisuda, acara tunangan, pernikahan, dan lainnya. Sebagian orang juga cenderung untuk pilih sewa jasa fotografer dan videografer untuk mengabadikan momen-momen penting tersebut.

Kalo bidang ini ditekuni, bukan nggak mungkin dari kerjaan freelance bisa jadi usaha yang berkembang pesat. Selama digunakan untuk aktivitas produktif yang memberikan penghasilan, nggak ada salahnya untuk ajukan KTA tanpa kartu kredit online buat cicil barang-barang yang diperlukan untuk menunjang profesi sampingan ini. Sembari kerja, kamu juga bisa sisihkan sebagian penghasilan buat bayar cicilan.

Agar angsurannya nanti nggak terlalu berat, kamu bisa pilih lembaga multifinansial penyedia KTA tanpa kartu kredit yang ngasih bunga paling rendah dengan cicilan tenor variatif. Kalo yang saya tau, sejauh ini, Kredivo punya bunga cicilan paling rendah dibanding perusahaan multifinansial sejenis, cuma 2,95% dengan pilihan tenor cicilan 3, 6, dan 12 bulan. Barang apa pun, asalkan jumlah harga minimalnya Rp 1,5 juta, udah bisa dibeli dengan cicilan via Kredivo. Merhant yang udah kerja sama dengan Kredivo juga nggak cuma merchant online aja, tapi juga merchant offline kayak Sentra Ponsel, Oppo, Toko PDA, dan masih banyak lagi.

  1. Admin Media Sosial

Kalo kamu punya ketertarikan dalam berinteraksi dengan banyak orang, maka kamu bisa coba kerja sampingan jadi admin media sosial. Maraknya e-commerce dan online shop belakangan ini tentunya butuh admin media sosial yang juga andal dalam berinteraksi dengan pelanggan sekaligus menjual produknya. Selain itu, jadi admin media sosial nggak jarang juga menuntut kamu untuk ngelakuin berbagai aktivitas campaign, mulai dari yang jenisnya call to action, kuis, campaign promo berhadiah, dan yang lainnya. Tujuan utamanya biasanya adalah branding, agar brand perusahaan bisa dikenal banyak orang.

shares