home Others Pilih Samsung Galaxy Note 9 atau iPhone XS

Pilih Samsung Galaxy Note 9 atau iPhone XS

Kalau punya duit Rp 14 juta, mana yang kamu pilih antara Samsung Galaxy Note 9 atau iPhone XS yang baru saja diluncurkan? Keduanya menjadi smartphone flagship paling didambakan saat ini.

Memilih smartphone mahal bagi sebagian orang mungkin sebuah sikap pemborosan. Namun, sejujurnya dengan membeli sebuah smartphone flagship justru lebih menghemat dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat.

Smartphone flagship memiliki teknologi paling mutakhir dan terkini. Spesifikasinya tergolong lebih tinggi jika dibandingkan dengan smartphone di bawahnya. Teknologi yang disematkan pada smartphone flagship biasanya masih bisa bertahan hingga 3 sampai dengan 4 tahun ke depan.

Jika memang kamu berniat berinvestasi dengan membeli salah satu smartphone flagship tersebut, ada baiknya membandingkan secara seksama kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Note 9 dengan iPhone XS yang baru saja diluncurkan.

Note 9 Menawarkan Layar Lebih Besar

Samsung sejak dulu dikenal bermain dalam teknologi layar yang jelas, berwarna dan juga menawarkan layar premium anti gores yang tahan banting.

Jika kamu membutuhkan layar besar, Note 9 menjadi pilihan terbaik. Layar OLED Note 9 memiliki ukuran 6,4 inchi. Sedangkan iPhone XS hanya memiliki layar berukuran 5,8 inchi meskipun keduanya sudah mengusung teknologi OLED.

Namun demikian, iPhone masih punya iPhone XS Max dengan ukuran layar lebih besar hampir mendekati Note 9 dengan ukuran 6,5 inci. Tetapi, kamu harus membelinya dengan harga yang jauh lebih mahal. Padahal, hanya gara-gara beda ukuran layar saja. Ya, iPhone memang termasuk pelit.

Keandalan Kamera, Siapa Paling Baik?

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh cnet.com, di atas kertas, spesifikasi kamera iPhone XS sebetulnya tidak terlalu jauh dari iPhone X. Namun, Apple menyebutkan bahwa ada teknologi terkini yang disematkan dalam kamera iPhone XS.

Kamera iPhone XS memiliki software khusus yang memperbaiki red eye untuk urusan foto portrait serta menambahkan shadows. Sisi detail foto HDR pun diperbaiki, Apple menyebutnya dengan teknologi Smart HDR.

Ditambah lagi iPhone XS memiliki efek bokeh yang lebih dalam untuk kamera depan yang bisa digunakan untuk selfie. Sektor kamera depan terkadang memang kurang diperhatikan dibandingkan dengan kamera belakang.

Apple sepertinya memang mulai serius membendung kamera selfie seperti Oppo dan Vivo yang punya cukup banyak fitur untuk kamera selfienya. Bisa jadi itulah sebabnya iPhone XS punya fitur editing sehingga kamu bisa menentukan intensitas blur atau bokehnya setelah menjepret foto. Fitur ini sebetulnya tidak terlalu spesial buat Samsung, karena teknologi yang sama sudah mereka hadirkan dua tahun sebelumnya.

Sedangkan keandalan dual kamera 12 MP Samsung Galaxy Note 9 sudah menyematkan teknologi AI (Artificial Intelligence) yang lebih dahulu diberikan oleh jajaran smartphone asal Tiongkok seperti Oppo, Vivo dan juga Xiaomi.

Teknologi tersebut membuat foto jadi lebih indah karena terdapat pengaturan secara otomatis dengan kondisi lingkungan saat pengambilan foto. Bahkan Samsung mengklaim bahwa kamera Note 9 lebih andal soal foto low-light.

Samsung Galaxy Note 9 juga sudah menyematkan fitur super slow motion video. Kualitasnya lebih ditingkatkan dari fitur sebelumnya. Sedangkan iPhone XS hanya memberikan fitur slow motion video saja.

Jika disandingkan antara foto hasil Galaxy Note 9 dengan iPhone XS, hasil foto Note 9 jauh lebih unggul. Terutama hasil foto low-lightnya yang lebih cerah, serta hasil foto selfie nya yang lebih tajam.

Samsung Galaxy Note 9 memiliki S-pen yang juga bisa digunakan sebagai remote control saat menggunakan kamera dari jarak jauh. Jarak antara kamera dengan S-pen bisa diatur sampai 9 meter. Tentu saja hal yang tidak bisa dilakukan oleh tipe iPhone mana pun.

Kecepatan Prosesor

Note 9 boleh saja unggul soal kamera, namun iPhone XS yang menggunakan chipset baru A12 Bionic menjanjikan kecepatan yang lebih baik.

Sementara Samsung Galaxy Note 9 masih bertahan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 845.  Di atas kertas, kecepatan prosesor iPhone XS 15 persen jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Note 9.

Ketahanan batera

Soal ketahanan baterai jangan pernah percaya pada Apple. Bahkan belakangan terkuak jika Apple sengaja memperlambat kecepatan iPhone 6 demi mengurangi kinerjanya sehingga membuat baterainya jadi lebih hemat.

Jika kamu termasuk orang yang malas melakukan charging terus-terusan, Samsung Galaxy Note 9 jadi pilihan terbaik dengan kapasitas baterai sampai dengan 4,000 mAh.

Soal harga Samsung Galaxy Note 9 memang sedikit lebih murah dengan bandrol harga sekitar Rp 13,4 juta sedangkan iPhone XS diperkirakan akan dilepas sekitar bulan Oktober dengan harga awal sekitar Rp 14 juta.

Keduanya jelas menjanjikan teknologi terbaru. Soal harga sih sebetulnya kamu tak perlu pusing. Sekarang kamu bisa memanfaatkan cicilan tanpa kartu kredit dari https://www.kredivo.com/.  Syaratnya mudah kok. Bagi kamu yang merupakan WNI berusia minimum 18 tahun, berpenghasilan minimum Rp 3 juta per bulannya, berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Denpasar, Palembang, atau Medan, maka kamu sudah memenuhi kriteria untuk bisa mendaftar akun Kredivo.

Dengan kredit limit sampai dengan Rp 20 juta, kamu bisa memilih smartphone flagship impian kamu. Kredivo sudah bekerja sama dengan 200 e-commerce di Indonesia.

Tertarik dengan program cicilan tanpa kartu kredit dari Kredivo? Download saja dulu aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Bunga cicilannya sangat rendah hanya 2.95% saja perbulan. Tenornya bisa diatur suka-suka mulai dari 3, 6 sampai dengan 12 bulan. Menariknya lagi, bagi kamu pengguna cicilan Kredivo, kini sudah bisa menikmati fasilitas Pinjaman Tunai. Jadi, Kredivo bukan hanya bisa digunakan sebagai cicilan tanpa kartu kredit, melainkan juga untuk mencairkan dana tunai dari limit yang diberikan. Nah, tertarik untuk mendaftar? Tunggu apalagi? Yuk, download dan daftar Kredivo sekarang!

shares