home Others 3 Fungsi IP VPN dalam Lalu Lintas Data

3 Fungsi IP VPN dalam Lalu Lintas Data

Teknologi canggih dalam komunikasi data yang lebih aman adalah VPN (Virtual Private Network). VPN yang berbasis internet protocol (IP) terbukti aman karena menggunakan sistem enskripsi data yang bisa mengamankan data dari akses pihak luar. Sistem IP VPN ini punya 3 fungsi utama dalam lalu lintas data sebagai berikut.

  1. Kerahasiaan (Confidentally)

Dalam mekanisme sistem, VPN berbasis IP ini mempunyai 2 jenis layanan yaitu sistem dedicated dan dial. Keduanya sama-sama diterapkan dalam jaringan pribadi yang datanya hanya bisa diakses oleh para penggunanya saja. dalam sistem ini, terdapat fungsi kerahasiaan data atau yang bisa disebut dengan confidentally.

Sistem enskripsi data yang diterapkan mampu mencegah pengaksesan data atau penyalahgunaan data oleh pihak luar. Meskipun sempat terakses, namun data tersebut tidak bisa ditampilkan karena sudah teracak. Hal ini tentu tetap aman bagi Anda yang ingin mengamankan data yang sangat penting, termasuk rahasia perusahaan.

Tentu saja hal semacam itu tidak boleh sampai diketahui oleh pihak luar. Bahkan, pihak dalam saja tidak semuanya mengetahui secara detail agar data tetap aman. Hal tersebut berarti bahwa sistem ini bersifat rahasia dengan memperbolehkan akses data oleh pengguna yang berhak atas data tersebut, yaitu orang yang dalam melaksanakan tugasnya perlu data tersebut.

  1. Keutuhan Data (Data Integrity)

Fungsi berikutnya dalam penerapan teknologi VPN berbasis internet protocol ini adalah terjaminnya keutuhan data. Meskipun melewati jaringan internet, jaringan yang dilengkapi teknologi VPN bisa tetap aman karena pihak luar tidak bisa mengakses data yang sifatnya pribadi. Jadi, data tetap aman meskipun melintasi berbagai jalur internet seluruh dunia.

Dilihat dari sistem kerjanya, data akan melintasi jaringan internet untuk kemudian sampai ke tujuan yang dimaksud. Perputaran data dalam jaringan internet tersebut tentu melalui berbagai pihak di berbagai negara pengguna internet. Banyak kemungkinan data yang diganti, dicuri, ataupun rusak. Dengan perlengkapan teknologi IP VPN, data akan tetap utuh.

Keutuhan data ini sangat membantu dalam kelancaran komunikasi dan juga pertukaran data antar client. Komputer server juga tetap mampu mencatat transmisi data dengan baik tanpa adanya laporan gangguan karena data hilang atau rusak. Untuk membangun sistem VPN IP yang terpadu dan aman, jasa Lintasarta menawarkan paket layanan terbaiknya untuk Anda.

  1. Autentikasi Sumber (Origin Authentication)

Fungsi teknologi VPN IP yang terakhir adalah autentikasi sumber. Jadi, teknologi VPN berbasis IP ini punya kemampuan melakukan autentikasi terkait sumber-sumber pengirim semua data yang diterimanya. Dalam sistemnya, akan ada pemeriksaan terhadap keaslian sumber-sumber data yang diterima.

Setelah muncul alamat datanya, sistem akan menyetujui alamat data tersebut dan menerima data apabila keasliannya terpercaya. Jika sumbernya tidak lolos proses autentikasi atau tidak sesuai dengan sumber aslinya, maka proses autentikasinya gagal dan itu artinya bahwa data akan ditolak secara otomatis. Hal ini akan menjadi pengaman dari sistem transmisi data.

Jika data yang diterima tidak sesuai dengan sumber aslinya, maka dapat dikatakan bahwa data tersebut adalah data palsu. Meskipun mirip, tetap saja data tersebut berasal dari pihak lain. Terdapat campur tangan pihak lain yang sudah mengakses, mengganti, ataupun menyalin data tersebut. Proses autentikasi ini sangat penting sebagai jaminan keaslian data.

Kini, Anda sudah memahami mengenai seluruh fungsi IP VPN dalam lalu lintas data. Pertukaran data setiap kali terjadi proses akses data akan aman dalam jaringan VPN berbasis IP. Internet protocol ini punya sistem kerja yang pribadi, sehingga mencegah pihak luar untuk ikut mengakses data dalam jaringan yang bersangkutan.

shares