home Kesehatan Daftar Makanan Pelancar ASI dan Penambah Kualitas ASI

Daftar Makanan Pelancar ASI dan Penambah Kualitas ASI

Setiap wanita yang sedang menyusui tentunya kerap merasa khawatir akan persediaan ASI yang dimilikinya. Oleh sebab itu, seorang ibu menyusui sangat disarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan yang mampu memperlancar ASI. Sebenarnya apa saja sih makanan pelancar ASI itu? Berikut merupakan makanan yang bermanfaat untuk memperlancar ASI.

Roti Gandum

Seperti yang sudah diketahui, roti gandum kaya akan asam folat dan sangat bermanfaat untuk perkembangan bayi. Namun fungsi pentingnya tak hanya seputar itu saja. Pasalnya asam folat juga mengandung beberapa nutrisi penting yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Selian itu makanan dari bahan gandum ini juga bermanfaat untuk memperlancar ASI juga lo.

Meskipun belum ada bukti yang akurat mengenai pengarih gandung terhadap produksi ASI, namun diduga banyaknya kandungan zat besi pada gandung dapat dijadikan sebagai makanan pelancar ASI. Anda bisa memasukkan gandung kepada menu harian apabila Anda tidak memiliki riwayat alergi ataupun intoleransi gluten.

Kelabat

Makanan yang satu ini juga dipercaya sebagai makanan yang mampu memperlancar ASI karena mengandung zat yang mampu menstimulasi kelenjar dan saluran ASI untuk dapat memproduksi lebih banyak. Meskipun begitu efektivitas makanan yang satu ini masih diragukan. Untuk itu perlu adanya penelitian untuk memantau efek dari sumber makanan ini.

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan DHA dan sangat penting untuk membantu perkembangan saraf bayi. Semua ASI memang mengandung DHA, namun kadar DHA yang terkandung pada ASI seriap ibu menyusui relatif berbeda-beda tergantung dengan makanan yang dikonsumsinya.

 Selain itu kandungan DHA pada ikan salmon juga dapat membantu mengembalikan mood. Meskipun begitu FDA, badan pengawasan obat dan makanan dari Amerika Serikat juga memberikan batasannya banyaknya jumlah ikan salmon yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Tidak boleh lebih dari 2 ons atau setara dengan 2 porsi seminggu.

Produk Olahan Susu Rendah Lemak

Seperti yang sudah diketahui susu mampu memberikan nutrisi yang bermanfaat untuk memperkuat tulang. Selian itu, produk olahan susu juga mengandung vitamin B sebagai salah satu sumber kalsium terbaik untuk membantu pertumbuhan tulang si kecil. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium.

Buah jeruk

Ya buah jeruk memang kaya akan vitamin C dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan energi. Selian itu jeruk dan buah sitrus lainnya sangat baik untuk Anda konsumsi selama menyusui. Mengapa? Sebab ibu menyusui cenderung lebih membutuhkan vitamin C yang lebih banyak dibandingkan dengan wanita hamil.

Sangat penting bagai ibu hamil untuk mengonsumsi makanan pelancar ASI yang sudah disebutkan di atas. Pastikan Anda mengonsumsi makanan tersebut agar produksi dan kualitas ASI menjadi meningkat. Selian itu, ibu menyusui juga cenderung membutuhkan banyak cairan, maka Anda juga harus banyak mengonsumsi air putih.

shares