home Lifestyle Dampak Kecanduan Game Online dalam Hubungan Suami Istri

Dampak Kecanduan Game Online dalam Hubungan Suami Istri

Terlalu sering bermain game online bisa membuat seseorang kecanduan game online. Jika sudah kecanduan, maka akan turut membawa dampak buruk bagi kehidupan seseorang tersebut. Hal tersebut tentu bisa membawa dampak negatif di berbagai sisi kehidupan lain.

Dilansir portal berita harapanrakyat.com, game online saat ini memang sedang menjadi trend yang banyak diikuti oleh masyarakat. Apalagi saat ini perangkat seperti smartphone sudah bukan lagi barang mewah. Oleh karena itu, semakin mudah dan semakin banyak pula orang yang bisa mengakses game online kapanpun dan dimanapun.

3 Dampak yang Mungkin Terjadi Akibat Kecanduan Game Online dalam Rumah Tangga

Semakin banyak pengguna, keseruan permainan pun meningkat karena pada beberapa jenis game online juga bisa dimainkan secara tim dengan orang lain yang juga Anda kenal di dalam permainan tersebut. Sayangnya, ketika sudah terlalu menyukai permainan ini, banyak orang yang bahkan kelewat batas.

Ketika sudah tidak bisa lagi dikontrol, bisa jadi para pengguna game online tersebut mengalami ketergantungan atau kecanduan game online. Fenomena ini beberapa waktu belakangan tidak hanya dialami oleh anak-anak atau remaja, bahkan juga orang dewasa.

Salah satu kejadian yang terjadi akibat kecanduan permainan online ini misalnya, banyaknya pasangan yang bertengkar hingga membuat hubungan rumah tangganya retak. Hal ini terjadi karena ketika terlalu asyik bermain game, ada beberapa akibat yang secara tidak sadar telah diakibatkan oleh pemain tersebut.

  1. Berkurangnya Komunikasi Diantara Pasangan Suami dan Istri

Akibat pertama yang sering timbul dalam rumah tangga karena salah satu pihak terlalu senang bermain game online adalah membuat berkurangnya intensitas komunikasi antar pasangan. Sudah menjadi sebuah pondasi bahwa pernikahan atau suatu hubungan itu dilandasi dengan komunikasi. Lalu bagaimana jadinya jika dalam rumah tangga antara pasangan tidak menyempatkan waktu untuk berkomunikasi?

Akibat lebih besar tentu saja akan membuat hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi dengan mudah. Kesalahpahaman kecil, namun tidak dikomunikasikan bisa membuat segala hal menjadi buruk. Ditambah tidak adanya waktu bagi kedua orang untuk berkomunikasi hanya karena lebih memilih menyelesaikan permainan dalam game onlinenya dibandingkan untuk sekadar mengobrol dan berbagi banyak hal melalui percakapan.

  1. Berpengaruh pada Hubungan Suami Istri secara Fisik .

Tidak hanya berpengaruh dalam hal komunikasi saja, ketergantungan game online secara khusus dan ketergantungan pada ponsel secara juga berpengaruh pada hubungan suami istri. Pasangan suami istri yang suka membawa ponsel bahkan hingga saat tidur sering mengalami hal ini.

Padahal, dalam hubungan suami istri, hubungan seks adalah hal yang memiliki peran sangat penting. Tidak hanya untuk memenuhi kebiasaan biologis saja. Lebih dari itu, ketika melakukan hubungan seks, juga akan terbentuk ikatan atau bond antara suami istri. Jadi, bayangkan jika sudah tidak ada lagi keharmonisan dalam hubungan rumah tangga, maka sudah bisa dipastikan akan berpengaruh ke semuanya.

Jika sudah seperti ini, tidak ada cara lain selain membawanya ke tempat rehabilitasi kecanduan game oline untuk segera dilakukan terapi. Apabila Anda teruskan, hal ini akan sangat berpengaruh pada keutuhan rumah tangga Anda.

  1. Lalai Akan Tanggung Jawab Masing-masing

Akibat paling parah yang bisa timbul akibat salah seorang di dalam keluarga mengalami kecanduan game onlineadalah bisa membuat mereka lalai akan tanggung jawabnya. Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Gumilar, pengasuh ponpes rehabilitasi kecanduan game online. Banyak kasus dimana suami yang lebih suka menghabiskan waktu dengan bermain game dibandingkan pergi bekerja. Padahal bekerja dan mencari nafkah adalah kewajiban bagi setiap suami.

Begitupun dengan para istri. Banyak juga kasus dimana istri yang mengalami kecanduan terhadap game online tidak menjalankan kewajiban sebagai istri dengan baik. Hal ini akan membawa dampak lebih buruk ketika Anda sudah memiliki anak. Kebiasaan buruk seperti terlalu banyak bermain game sampai kecanduan ini jika tidak dihentikan akan turut mempengaruhi kondisi psikologi anak-anak di masa depannya. Karena itulah tindakan seperti terapi sangat dibutuhkan untuk mengatasi hal tersebut.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang dampak yang mungkin bisa ditimbulkan apabila dalam satu keluarga atau diantara suami istri terdapat seseorang yang kecanduan game online.Semoga informasi tersebut memberi pengetahuan tambahan kepada Anda tentang ketergantungan game online.

shares