home Others Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Service AC Mobil ke Bengkel

Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Service AC Mobil ke Bengkel

Perawatan AC memang harus dilakukan secara rutin mengingat kebutuhan AC sangat penting untuk kenyamanan Anda selama berkendara atau untuk penumpang yang lainnya. Semakin dingin AC maka akan semakin sejuk kondisi ruangannya. Tapi kalau tidak terasa dingin, menandakan Anda harus service AC mobil sesegera mungkin.

Melakukan service AC sebenarnya memang sudah menjadi kegiatan rutin yang harus dilakukan oleh pemilik mobil. Tapi, jika tidak dilakukan secara berkala, tentu kinerja AC bisa semakin menurun. Karena itu, tidak jarang mereka langsung membawanya ke bengkel AC mobil agar segera diperbaiki.

Namun, sebelum memutuskan membawanya ke bengkel AC mobil, ada beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan. Dengan pertimbangan-pertimbangan di bawah ini, siapa tahu saja Anda tidak perlu lagi membawanya ke bengkel hanya karena rusak ringan.

  1. Periksa kompresor

Penyebab AC tidak dingin bisa saja disebabkan oleh kompresornya. Kondisi komponen kompresor yang kurang oli membuat komponen tersebut menjadi kurang maksimal dalam kinerjanya. Tidak heran kalau AC Anda tidak dingin karena oli pelumasnya yang tidak ada.

Jika hanya kekurangan oli, Anda dapat memperbaiki AC sendiri di rumah tanpa harus ke bengkel. Cukup tambahkan oli khusus kompresor, maka AC Anda akan kembali dingin lagi. Tapi kalau memang terjadi kebocoran pada dinding kompresornya, ada baiknya Anda membawanya ke bengkel AC karena harus di service dengan menggunakan alat khusus.

  1. Hidupkan AC mobil

Yang menjadi pertimbangan lainnya sebelum membawa mobil Anda ke bengkel adalah hidup terlebih dahulu AC-nya untuk mengecek apakah kerusakannya masih ringan atau tidak. Definisi ringan di sini berarti AC yang kurang dingin. Penyebabnya bisa saja dari kompresor tadi yang kurang oli atau ada bagian komponen lainnya yang kotor.

Komponen AC yang kotor masih dapat Anda bersihkan sendiri di rumah. Tapi jika ternyata saat dinyalakan AC mengeluarkan bunyi yang berisik, berarti ada komponennya yang memang rusak. Anda yang menemukan kondisi tersebut, harus segera matikan AC dan membawanya ke bengkel.

  1. Ketahui kisaran harga perbaikannya

Tidak jarang pemilik mobil merasa dirugikan karena ternyata membayar perbaikan AC mobil sangat mahal. Tentu saja hal tersebut bisa Anda alami kalau Anda tidak mencari informasi mengenai harga perbaikannya. Anda dapat bertanya ke orang yang pernah service AC mobil di bengkel atau mencarinya di online.

Semakin banyak Anda tahu mengenai kisaran harganya, Anda akan semakin bersiap mengeluarkan biaya yang sudah seharusnya. Jangan sampai Anda tidak tahu dan ternyata biayanya lebih besar dari perkiraan Anda.

  1. Pilih bengkel yang terpercaya

Memilih bengkel AC mobil juga perlu Anda cari tahu terlebih dahulu. Jangan Anda pilih sembarangan hanya karena biaya perbaikannya murah atau dekat dengan rumah. Kenali terlebih dahulu latar belakangnya seperti apa dan bagaimana tenaga kerjanya apakah profesional atau tidak.

Anda yang memilih bengkel yang terpercaya tentu akan mendapatkan kualitas komponen AC yang bagus dan asli, apalagi setelah perbaikannya tidak mengalami kendala apapun lagi.

Agar tidak terjadi kerusakan yang parah, ada baiknya Anda selalu menservice-nya secara rutin. Tidak ada salahnya setiap akhir bulan Anda membuka komponennya untuk membersihkan kotoran yang menumpuk.

shares