home Kesehatan Jenis Bintik Merah pada Kulit Bayi setelah Demam

Jenis Bintik Merah pada Kulit Bayi setelah Demam

Bintik merah pada bayi bisa terjadi dari sejak bayi lahir dengan berbagai faktor penyebab. Anda harus sangat hati-hati dalam merawat bayi. Pastikan Anda menggunakan perlengkapan yang aman untuk bayi. Berikut ini jenis bintik merah pada kulit bayi setelah demam yang dapat terjadi.

  1. Rubella

Jenis bintik-bintik merah yang terjadi pada bayi bisa saja rubella. Sebuah penyakit yang terjadi dengan disertai bengkak dan nyeri pada bagian kelenjar getah bening. Jenis bintik merah ini dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh. Selain itu jenis penyakit kulit ini membuat bayi Anda mengalami gatal-gatal. Jadi tanda ini dapat membantu Anda untuk segera mencari obatnya.

  1. Demam Berdarah

Jenis bintik merah lainnya yang dapat terjadi pada bayi Anda adalah demam berdarah. Bintik merah ini disertai dengan demam. Terlihat seperti digigit serangga hanya saja tidak menimbulkan rasa gatal. Biasanya ditimbulkan pada bagian lipatan tubuh bayi.

  1. Roseola Infantum

 Roseola Infantum merupakan jenis bintik merah pada kulit bayi setelah demam. Bintik merah ini terjadinya menyebar ke seluruh tubuh. Ketika Anda menekan bintik merah ini amka akan terlihat lingkaran seperti cincin. Ketika bayi mengalami masalah ini segera kompres dengan menggunakan air hangat dan lakukan pemeriksaan ke dokter.

  1. Alergi

Jenis bintik merah yang umum terjadi adalah bintik merah alergi. Ini bisa terjadi di semua bagian tubuh bayi. Bisanya disebabkan oleh banyak keadaan, terkena kandungan zat kimia pada pembersih, atau pun alergi dengan cuaca. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mudah menggunakan obat yang sesuai dengan penyebab alergi terjadi.

  1. Selulitis dan impetigo

Jenis bintik merah yang terjadi berikutnya adalah selulitis dan impetigo. Bintik merah ini terjadi karena adanya bakteri streptococcus. Bakteri ini tidak hanya menimbulkan bintik merah tetapi juga bengkak, dan terasa panas pada kulit bayi. Proses masuknya bakteri melalui pori-pori kulit yang terbuka. Anda harus segera mengatasinya karena dapat menyebar dengan cepat.

  1. Penyakit Kelima

Jenis selanjutnya dari penyakit kulit berupa bintik murah adalah penyakit kelima. Penyakit ini terjadi di daerah pipi yang bintiknya akan terus memerah selama satu minggu. Bentuknya akan terus meluas dan menyebar ke bagian lain tubuh bayi Anda. Kondisi ini membuat bayi memiliki kulit yang memerah hampir ke seluruh bagian seperti tertampar.

  1. Meningitis

Bintik merah jenis berikutnya yang dapat terjadi pada bayi adalah meningitis. Jenis bintik merah yang terjadi karena adanya bakteri, virus, atau pun jamur yang menginfeksi. Anda harus segera mengobati penyakit ini karena berisiko fatal pada bayi jika dibiarkan saja.

Apa pun jenis bintik merah pada kulit bayi setelah demam, Anda harus melakukan pengobatan secepat mungkin. Bayi memiliki sistem imun yang masih rentan sehingga tindakan yang cepat sangat diperlukan agar risiko buruk tidak terjadi.

shares