home Kesehatan Khasiat Bawang Putih untuk Jantung, Ini Dia!

Khasiat Bawang Putih untuk Jantung, Ini Dia!

Bawang putih sejak dulu memang sudah dikenal sebagai bahan yang baik untuk kesehatan. Belum lama ini, peneliti juga menemukan manfaat bawang putih untuk jantung yang cukup baik. Sebenarnya, apa khasiat bawang putih untuk kesehatan jantung itu? Ini dia!

Kandungan dalam Bawang Putih

Bawang putih yang masih segar mengandung banyak senyawa hidrogen sulfida di dalamnya. Hidrogen sulfida dalam jumlah yang cukup sangat baik untuk kesehatan jantung. Namun, hati-hati. Anda juga tak boleh mengonsumsinya terlalu banyak karena hidrogen sulfida malah bisa berubah menjadi racun.

Hidrogen sulfida ini mampu menjadi bahan pelindung intraseluler dalam jantung. Tak hanya itu saja, bawang putih juga mengandung efek antioksidan yang tinggi dan berguna untuk melawan radikal bebas. Hal ini tentu akan berpengaruh pada khasiat hidrogen sulfidanya. Hanya saja, untuk dapat manfaat itu, Anda harus mengonsumsinya dalam keadaan mentah.

Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan Jantung

  1. Mengurangi Tekanan Darah

Salah satu khasiat dari bawang putih yang bisa Anda rasakan untuk kesehatan jantung adalah untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau disebut juga dengan hipertensi adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung dan stroke. Banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa mengonsumsi bawang putih bisa mengurangi tekanan darah.

Anda bisa mengonsumsi sekitar 4 siung dalam sehari untuk mendapatkan efek yang sama dengan efek obat penurun darah tinggi yang diberikan dokter. Namun, tentunya Anda harus mengonsumsi secara rutin dan dalam kondisi mentah.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Cara lain bawang putih dalam melindungi kesehatan jantung adalah dengan menurunkan kadar kolesterol jahat yang juga jadi penyebab utama masalah pada jantung. Meski mampu mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat, namun bawang putih tak memiliki khasiat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik. Jadi, ia hanya fokus melawan kadar kolesterol jahat saja.

  1. Mengurangi Stres

Ternyata, mengonsumsi bawang putih juga bisa membantu Anda mengurangi masalah stres. Seperti yang Anda tahu, stres juga bisa jadi penyebab masalah jantung. Bawang putih yang kaya akan antioksidan akan meningkatkan enzim antioksidan di dalam tubuh Anda. Kalau sudah begini, ia bisa mengurangi stres oksidatif yang terjadi.

  1. Mendetoksifikasi Logam Berat dalam Tubuh

Bawang putih juga mampu mencegah kerusakan organ jantung dan organ lainnya karena sifat penyembuhannya. Ia mampu mendetoksifikasi logam berat yang masuk dalam tubuh yang bisa memperberat kerja organ tubuh seperti jantung dan hati. Rajin konsumsi bawang putih mentah bisa membuat tubuh Anda lepas dari logam berat seperti timbal dan lainnya.

Itulah berbagai khasiat bawang putih yang ternyata sangat baik untuk kesehatan jantung. Meski begitu, sebenarnya belum ada dosis pasti berapa banyaknya bawang putih mentah yang harus Anda konsumsi untuk mendapatkan manfaat tersebut. Saat ini, peneliti hanya mengira-ngira saja. Tapi, tak masalah, kok, Anda mengonsumsinya asal tak berlebihan!

shares