home Property Mau Membangun Rumah Baru Atau Renovasi? Berikut Tips Memilih Bahan Bangunannya

Mau Membangun Rumah Baru Atau Renovasi? Berikut Tips Memilih Bahan Bangunannya

Memiliki sebuah rumah adalah hal yang paling diimpikan oleh banyak orang. Rumah menjadi sebuah tempat tinggal untuk membentuk keluarga bahagia. Tidak semua orang langsung beruntung memiliki sebuah rumah pasca menikah. Banyak orang yang harus bersabar untuk membangun rumah mereka sedikit demi sedikit.

Dalam melakukan pembangunan atau renovasi sebuah rumah, diperlukan perencanaan yang matang. Jika perencanaan dilakukan secara matang, maka biaya yang akan dikeluarkan bisa lebih dihemat.

Tips Membangun Rumah Dengan Hemat

Membangun rumah bukanlah perkara yang mudah bagi sebagian besar orang. Membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk bisa membangun istana untuk keluarga. Rumah yang merupakan kebutuhan pokok ini juga memiliki harga yang cenderung naik dari waktu ke waktu. Jika Anda sudah punya budget yang cukup, sebaiknya mulailah membuat perencanaan membangun hunian mulai dari sekarang.

Bagaimana cara membangun rumah dengan hemat? Simak tips perencanaan yang matang berikut ini.

  1. Rencanakan pembangunan rumah Anda

Tips pertama yang harus dilakukan dalam membangun rumah adalah merencanakan pembangunan rumah. Apa saja yang perlu direncanakan dalam pembangunan rumah? Anda bisa memikirkan tentang dana yang harus dikeluarkan, ukuran bangunan rumah, desain rumah, hingga target waktu pembangunan rumah. Semakin lama waktu yang diperlukan untuk membangun, maka butuh biaya semakin besar pula.

Jika pembangunan rumah melenceng jauh dari rencana, maka Anda biaya yang dibutuhkan bisa sangat membengkak. Oleh karena itu, usahakan untuk membangun sesuai dengan perencanaan saja. Untuk hal-hal lain, Anda bisa memikirkannya nanti setelah rumah Anda terbangun

  1. Pilih desain sederhana dan minimalis

Desain rumah di jaman sekarang sangatlah bervariasi. Salah satu desain rumah yang murah adalah desain rumah minimalis. Anda bisa memutuskan untuk membangun rumah untuk menghemat dana Anda. Pembangunan rumah minimalis menjadi hal yang umum dilakukan di era sekarang.

Rumah minimalis belum tentu memiliki desain yang buruk. Anda bisa membuat desain yang oke dengan meinta bantuan dari teman atau bahkan arsitek. Dengan demikian, meskipun rumah yang Anda miliki minimalis tetaplah terkesan modern dan mewah.  Membangun rumah minimalis akan menghemat dana karena Anda tidak memerlukan bahan bangunan yang banyak dan waktu pembangunan rumah yang lama.

  1. Tentukan bagaimana bentuk bangunan yang Anda inginkan

Ketika Anda ingin membangun rumah , Anda harus menentukan bagaimana bentuk bangunan rumah yang Anda inginkan. Bentuk bangunan akan mempengaruhi lama pengerjaan dan bahan bangunan yang akan digunakan. Jika bentuk bangunan cukup sulit dibuat, maka waktu pembangunan akan menjadi lebih lama.

Rumah yang mudah untuk dibangun adalah yang memiliki bentuk persegi atau persegi panjang. Untuk rumah dengan bentuk segitiga dan bentuk-bentuk lainnya cenderung sulit untuk dibangun. Maka, pertimbangkanlah untuk memilih bentuk bangunan yang sederhana dan mudah dibuat.

  1. Pilih tukang bangunan profesional

Memilih tukang bangunan profesional dalam membangun rumah merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Tidak mengapa Anda harus membayar tukang bangunan dengan harga yang cukup mahal.. Yang terpenting, Anda akan mendapatkan bangunan yang benar-benar oke.

Tukang bangunan profesional juga telah merencanakan pembangunan dengan sebaik mungkin sehingga akan tepat waktu. Hal ini akan jauh lebih baik daripada memilih tukang bangunan yang murah namun hasilnya belum bisa Anda bayangkan.

  1. Melakukan riset harga bahan bangunan

Harga bahan bangunan kian hari memang kian meningkat. Oleh karena itu, Anda harus melakukan riset harga bahan bangunan ketika akan membangun rumah . Pelajari terlebih dahulu harga-harga bahan bangunan mulai dari bahan bangunan yang sederhana hingga bahan bangunan yang memang benar-benar penting.

Agar biaya yang Anda siapkan cukup, maka melakukan riset harga sangat penting untuk dilakukan. Kebutuhan akan bahan bangunan bisa di riset dengan cara keluar masuk toko –toko bahan bangunan untuk menanyakan harganya. Bandingkan harga bangunan antara toko satu dengan toko lain untuk mendapatkan harga yang lebih miring. Meskipun demikian, pastikan bahan bangunan yang dipilih tidak asal murah, namun memang benar-benar berkualitas.

Jika Anda sedang merencanakan untuk membangun rumah , Anda bisa mengetahui bahan-bahan bangunan apa saja yang kira-kira diperlukan. Simak uraiannya di bawah ini.

Tips Memilih Bahan Bangunan Murah Untuk Membangun Rumah

Memilih bahan membangun rumah tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pilihlah yang benar-benar berkualitas. Jadi, bangunan rumah pun akan menjadi lebih kokoh dan tahan lama. Yang terpenting, jangan memilih bahan bangunan yang asal murah. Begini tips menentukan pilihan bahan bangunan kualitas bagus.

  1. Semen

Semen merupakan bahan bangunan utama untuk membangun rumah . Kualitas bahan bangunan ini dari merek satu dengan merek yang lain memang hampir sama. Terdapat perbedaan sedikit kualitas dari harga yang murah dengan harga yang lebih mahal. Untuk mendapatkan bahan bangunan semen berkualitas, Anda bisa memilih produk semen yang digunakan oleh banyak orang.

  1. Batu bata merah

Batu bata merah juga menjadi unsur yang penting dalam membangun rumah . Pilihlah bahan baku batu bata merah dibandingkan batako. Meskipun proses pembangunan akan menjadi sedikit lebih lama, namun batu bata merah nyatanya memang memiliki keunggulan dibandingkan batako. Rumah akan menjadi lebih segar dan tiak panas. Dindingnya pun tidak akan mudah retak.

  1. Pasir

Pasir biasanya digunakan sebagai campuran semen dalam membangun sebuah rumah. Pasir yang baik adalah pasir yang diambil langsung dari penambang di gunung. Anda tidak perlu memilih pasir murah yang didapatkan dari kali atau sungai. Pasir yang didapatkan dari kali atau sungai biasanya telah tercampur dengan tanah dan lumpur sehingga akan membuat kualitas bangunan menjadi kurang maksimal.

  1. Kayu

Penggunaan kayu juga masih menjadi hal yang penting dalam melakukan pembangunan rumah. Material kayu yang dipilih haruslah kayu yang kuat. Anda bisa memilih kayu yang telah memiliki kadar air dibawah 20 persen agar tidak mudah lapuk ketika digunakan untuk membangun rumah .

  1. Besi beton

Untuk membuat rumah yang kuat dan bermutu, penggunaan besi beton masih sering digunakan. Besi beton kuno semakin hari semakin mahal. Peminatnya yang cukup banyak dengan persediaan besi beton yang langka membuat harganya melambung tinggi. Namun, penggunaan bahan besi beton kuno memang akan membuat bangunan rumah menjadi lebih maksimal.

  1. Genteng

Bahan bangunan rumah yang tak kalah penting adalah genteng. Bagaimana cara memilih genteng rumah yang baik? Genteng yang baik adalah genteng yang mampu menyerap panas. Jadi, kondisi di dalam rumah tidak akan panas. Pilihlah genteng yang memiliki bobot yang cukup berat agar rumah menjadi lebih kokoh dan anti bocor.

Demikianlah beberapa bahan membangun rumah yang penting untuk Anda pertimbangkan mulai dari sekarang. Lakukan riset bahan bangunan rumah dari sekarang. Jadi, Anda bisa memperkirakan berapa besar biaya yang akan dikeluarkan dalam membangun rumah. Jadi, membangun rumah cukup mudah dilakukan bukan? Asal dana sudah terkumpul, Anda bisa segera melakukan perencanaan.

shares