home Gadget Mengulik Seputar Sejarah Lahirnya Laptop Lenovo

Mengulik Seputar Sejarah Lahirnya Laptop Lenovo

Berbagai merek laptop yang beredar di pasaran tentunya tidak lahir tanpa adanya sejarah yang melatarbelakanginya. Tentu ada proses yang cukup panjang sebelum sebuah produk akhirnya berhasil diluncurkan ke pasaran. Laptop Lenovo juga memiliki sejarah yang panjang sebelum akhirnya menjadi salah satu brand laptop yang banyak digemari para pecinta laptop.

Lenovo memang menjadi salah satu produsen laptop yang cukup dikenal oleh masyarakat. Bukan hanya dari segi kelebihan yang disematkan di setiap produknya, akan tetapi dari segi harga pun produk Lenovo menawarkan harga yang masih terbilang mampu untuk dijangkau oleh berbagai kalangan.

Sejarah Awal Lahirnya Laptop Merek Lenovo

Lenovo tidak terlahir tanpa adanya sejarah yang panjang sebelum akhirnya terkenal seperti sekarang. Laptop merek Lenovo lahir dari perusahaan komputer ternama dan terbesar di China. Bahkan, pada tahun 2013 produsen ini dianggap sebagai produsen komputer terbesar di seluruh dunia.

Tidak mungkin bukan sebuah perusahaan langsung terjun dan berkembang pesat secara instan? Pada mulanya, perusahaan yang memiliki markas di Beijing ini merupakan sebuah perusahaan yang kecil. Lantas, apa yang memicu perusahaan ini akhirnya dapat berkembang pesat hingga sekarang?

Nama Lenovo, ternyata bukanlah nama pertama dari perusahaan komputer ini. Dulunya, nama perusahaan ini bernama Legend yang memiliki arti Lianxiang dalam bahasa China. Pendirinya bernama Liu Chuanzi mendirikan perusahaan ini sekitar tahun 1984. Awalnya, modal yang dikeluarkan oleh perusahaan ini terbilang kecil.

Seiring berjalannya waktu, modal yang kecil tersebut dapat membawa perusahaan komputer ini semakin dikenal di kawasan China. Terlebih, ketika perusahaan ini bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia atau WTO.

Tak berhenti sampai disitu saja, perusahaan ini terus mengembangkan sayapnya dengan mengambil alih Divisi Komputer IBM (salah satu perusahaan terkemuka di Amerika). Langkah Lenovo ini menjadikannya semakin berkembang pesat dan makin dikenal sebagai produsen PC terbesar. Dengan mengakuisisi IBM membuat perusahaan ini memiliki penjualan yang meningkat dari waktu ke waktu.

Pergantian Pimpinan (CEO) Perusahaan Lenovo

Berlanjut ke kisah pergantian kepemimpinan atau CEO perusahaan Lenovo pada tahun 2008 menjadi titik awal sejarah Lenovo yang menyedihkan. Hal itu membuat perusahaan harus bisa melewati masa-masa sulit akibat persaingan komputer yang semakin ketat.

Perkembangan gadget yang semakin populer membuat penjualan produk-produk Lenovo menurun. Akan tetapi, berkat kegigihan dari CEO Lenovo yang memberanikan diri mundur dan melepas jabatannya membuat masa ini mampu dilewati dengan mengganti kepemimpinan pada Yang Yuanqing.

Berkat hal ini, Lenovo terus mengalami pembaikan hingga berhasil sukses seperti sedia kala. Bahkan, tercatat pada tahun 2013 sejumlah lembaga seperti IDC (International Data Corporation) dan Gartner menyatakan bahwa konsumen Lenovo semakin meningkat bahkan mencapai 17,6. Tak heran jika produk ini dianggap sebagai produsen PC terbesar di dunia.

Akuisisi Produk Motorola Mobility

Setelah sukses dengan PC, produsen Lenovo mengembangkan produk di bidang mobile. Ini dilakukan dengan cara membeli Motorola Mobility pada tahun 2014. Hal ini membuat produsen Lenovo semakin mantap untuk mengembangkan produk di bidang mobile. Sejak saat itu, kesuksesan terus membersamai Lenovo hingga kini.

Itulah sejarah singkat dari Perusahaan Lenovo yang mulanya hanya berbentuk perusahaan kecil dengan modal yang sedikit. Bahkan, pemiliknya pun pernah sempat tak menyangka jika perusahaannya dapat maju pesat hingga sekarang. Tak heran bukan, jika produk dari Lenovo banyak digemari konsumennya di seluruh dunia?

shares