home Others Penyebab Alergi Kulit dan Cara Penanganan yang Tepat

Penyebab Alergi Kulit dan Cara Penanganan yang Tepat

Alergi adalah suatu reaksi yang tiba-tiba muncul kalau sistem imun bereaksi pada hal tertentu secara berlebihan. Reaksi yang muncul bisa saja membuat kamu pilek, sesak nafas, atau pun gatal-gatal. Umumnya orang mengalami alergi kulit kalau makanan atau minuman mau pun ada produk yang tidak sesuai dengan kulitnya.

Alergi yang terjadi kulit dikenal dalam dunia kedokteran dengan istilah dermatitis kontak alergi. Alergi itu bisa saja dikarenakan berbagai sebab, bahkan ada yang berasal tidak kamu ketahui. Orang yang punya kulit sensitif akan semakin gampang terkena alergi, apalagi kalau produk itu langsung terkena kulitnya. Dalam hitungan beberapa menit saja, kulitnya akan mengeluarkan reaksi alergi, mulai dari gatal-gatal, kulit memerah, ruam, sampai bengkak-bengkak.

Beberapa penyebab kulit terkena alergi yaitu:

  1. Produk kosmetik

Wanita yang sering make up akan lebih berpotensi terkena alergi kulit karena ada produk kosmetik yang tidak cocok dengan kulitnya. Mulai dari bedak wajah, lotion, sabun, shampoo, perwarna untuk rambut, mau pun deodoran.

  1. Produk pembersih

Produk-produk pembersih rumah tangga juga bisa membuat kamu bereaksi alergi pada kulit kalau memang tidak cocok. Pembersih lantai, sabun cuci piring dalam bentuk colek atau cair, detergen, atau pewangi pakaian merupakan produk pembersih yang paling sering menjadi penyebab munculnya alergi pada kulit.

  1. Obat oles

Meski obat oles, jenis obat itu ternyata juga bisa membuat kamu alergi pada kulit. Kalau kulit kamu memang sangat sensitif terhadap zat-zat yang dikandungnya, maka kulit kamu akan bereaksi dengan cepat, seperti timbul kemerahan atau gatal-gatal pada bagian yang dioleskan obatnya.

  1. Aksesoris logam

Buat kamu yang sering memakai aksesoris seperti gelang atau kalung, berhati-hatilah karena penyebab alergi kulit juga bisa disebabkan oleh aksesoris yang berbahan logam. Kulit yang terkena kontak langsung dengan bahan logamnya seperti emas atau nikel membuat kulit kamu timbul tanda-tanda alergi.

  1. Tanaman

Meski hanya dalam bentuk tanaman saja, penyebab yang sangat umum didapat oleh penderita alergi pada kulit yaitu tanaman. Entah itu tanaman liar atau yang ditanam sendiri bisa saja membuat kulit kamu bereaksi alergi. Tidak hanya daun saja, tapi juga di bagian tanaman lainnya seperti batang dan serbuk sarinya. Kalau kamu punya alergi pada kulit karena tanaman, sebaiknya hindari saja tanaman-tanaman itu.

  1. Lateks

Bahan lateks juga sering kali menjadi penyebab munculnya alergi pada kulit. Karena adanya kontak langsung, kulit yang sensitif juga akan semakin gampang terkena dampak alerginya. Barang-barang yang biasanya memakai bahan ini adalah sarung tangan yang bahannya dari karet, kondom, dan juga balon.

  1. Semprotan serangga

Di setiap produk semprotan serangga sering kali diperingati buat menjauhkannya dari jangkauan kontak kulit langsung. Ternyata memang terbukti kalau zat pada semprotan serangga membuat kulit akan timbul alergi.

Kalau kulit kamu sudah mulai mengeluarkan tanda-tanda alergi, ada beberapa cara buat mengurangi resikonya sebelum pergi ke dokter.

  1. Pakai krim hidrokortison

Krim ini bisa mengurangi gatal yang berlebih. Tapi kamu perlu menggunakannya sesuai dengan saran dokter dan jangan langsung dipakai tanpa ada informasi dari dokter.

  1. Pakai baju yang longgar

Baju yang ketat hanya akan memperparah kulit menjadi lebih ruam. Saat tubuh kamu terasa sangat gatal karena alergi kulit, sebaiknya pakai baju yang lebih longgar agar tidak ada gesekan terus menerus.

  1. Mandi air dingin

Alergi kulit bisa dikurangi dengan mandi air dingin. Kalau tidak mau mandi, kamu bisa mengompresnya saja dan gunakan pelembab setelah itu. Jangan memakai air hangat karena bisa memperburuk kondisi kulit kamu.

Dari penjelasan di atas kamu bisa tahu penyebab alergi kulit dan mengatasinya dengan tepat seperti apa. Jangan sampai kamu asal-asal mengobatinya yang justru memperparah kondisi kulit kamu saja. Kalau cara di atas tidak berhasil, langsung ke dokter buat dilakukan pemeriksaan lanjutan.

shares