home Others Solusi Beli Mobil Untuk Anda yang Tidak Ingin Berurusan dengan Riba

Solusi Beli Mobil Untuk Anda yang Tidak Ingin Berurusan dengan Riba

Tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki masyarakat penganut Agama Islam terbesar di dunia. Maka dari itu tidak heran jika banyak berdiri perusahaan-perusahaan yang berbasis Islam di Indonesia, pasalnya mayoritas pangsa pasar adalah masyarakat muslim. Perusahaan yang satu ini umumnya disertai dengan label syariah lantaran mendasarkan segala kegiatannya berdasarkan syari’at Islam. Salah satu perusahaan yang dewasa ini juga mengembangkan usahanya dengan basis syariah Islam adalah perusahaan Asuransi.

Sebagian dari Anda pastinya tidak asing dengan perusahaan asuransi mobil syariah bukan?? Perusahaan ini memang sudah menyebar di berbagai wilayah di Indonesia. Oleh sebab itulah Anda bisa dengan mudah menemukan keberadaannya. Terkait dengan hal tersebut, jika selama ini Anda tidak ingin mengasuransikan mobil pada perusahaan asuransi konvensional karena alasan riba, maka Anda bisa membeli polis asuransi pada perusahaan asuransi syariah. Dengan demikian, dijamin transaksi yang Anda lakukan akan terhindar dari riba dan hal-hal yang diharamkan menurut Agama Islam.

Perusahaan asuransi syariah memang menjadi favorit dan pilihan banyak masyarakat Indonesai untuk mengasuransikan jiwa atau baranng yang dimilikinya. Asuransi syariah berhadil menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia karena berstatus halal. Dalam menjalankan usahanya, asuransi syariah menggunakan prinsip sharing of risk. Prisinsip yang satu ini mengansumsikan bahwa setiap peserta asuransi saling bekerjasama untuk tolong menolong antar satu sama lain. Dengan kata lain, jika terdapat salah satu peserta yang tertimpa musibah, maka para peserta lainnya bersedia untuk menghibahkan hartanya kepada peserta yang tertimpa musibah tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa harta yang diberikan pada perusahaan asuransi saat membeli polis merupakan investasi berupa hibah. Dengan demikian, peran perusahaan asuransi syariah hanyalah sebatas pengelola keuangan saja. Pengelolaan dana yang dilakukan pun cukup transparan. Lantas darimanakah perusahaan asuransi syariah bisa mendapatkan keuntungan?? Mungkin pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang terlintas di benak Anda. Secara umum, perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang akan digunakan untuk melanjutkan usahanya melalui biaya pengelolaan uang.

Bukan hanya mengasuransikan mobil saja yang dapat Anda lakukan dengan mengedepankan hukum Islam. Hal lain yang juga bisa Anda lakukan dengan prinsip syariah, dan masih berhubungan dengan mobil, ialah kredit mobil. Ya!! Saat ini sudah tersedia banyak bank yang memberikan layanan berbasis syariah. Jenis bank ini tentu berbeda dengan bank konvensional pada umumnya. Jika Anda melakukan pembiayaan kredit mobil atau kendaraan bermotor pada bank konvensional, tentu saja Anda akan dikenai sejumlah bunga tertentu. Berbeda dengan bank syariah yang mana Anda tidak akan dikenai bunga sepeserpun.

Terkait dengan hal tersebut, pastinya yang menjadi pertanyaan masih tetap sama yakni bagaimana perusahaan bank tersebut bisa memperloleh keuntungan dari transaksi pembiayaan mobil ini. Sebelumnya ketahuilah bahwa dalam menjalankan usahanya, bank syariah menerapkan prinsip murabahah. Prinsip ini merupakan prinsip jual beli dalam Islam yang mengharuskan setiap penjual dan pembeli untuk berakad.

Nah, dalam akad inilah pihak bank akan menjelaskan jenis dan jumlah barang beserta dengan keuntungan yang ingin diambil dari hasil penjualan tersebut. Dengan demikian, Anda harus membayar cicilan sebesar harga jual mobil tersebut dibagi dengan jumlah bulan yang Anda inginkan. Jika Anda ingin melakukan kredit syariah, maka Anda harus memenuhi beberapa hal yang dipersyaratkan seperti batasan usia, fotokopi identitas dan kartu keluarga, slip gaji, surat keterangan dari tempat kerja, dan sebagainya.

shares